Sunday 24 January 2016

Ternyata Allah Memuliahkan Kaum Quraisy, Inilah Alasannya.


Rosulullah SAW bersabda yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, ''Sesungguhnya Allah memuliakan Kinanah di atas Bani Ismail dan memuliakan Quraisy di atas Kinanah, dan memuliakan Bani Hasyim di atas Quraisy, dan memuliakan Aku (Muhammad) di atas Bani Hasyim. (HR. Muslim).


Rosulullah SAW berkata bahwa penurunan surat Al-Quraisy merupakan cara Allah SWT untuk memuliakan Bani Quraisy. Terdapat dua alasan Allah SWT untuk memuliakan Bani Quraisy, yakni:

1. Suku Quraisy Pandai Dalam Berdagang

Apa yang terdapat didalam Al-Quran mengenai Bani Quraisy yang melakukan perdagangan merupakan suatu kebenaran. Mereka terbiasa untuk melakukan kebiasaan ekspor dan impor kebeberapa negara. Secara tidak langsung mereka sudah melakukan hubungan perdagangan internasional ke beberapa negara.

Ketika musim dingin tiba, suku Quraisy berdagang ke Yaman. Suku Quraisy pergi ke Yaman untuk membeli bahan kapur barus,barang pecah belah, rempah-rempah, kain sutera, dan masih banyak lagi. Kemudian mereka pergi ke Syam (saat ini Suriah) untuk menjual barang-barang tersebut.

Suku Quraisy pun membeli barang dari Syam seperti gandum (bahan membuat roti) serta buah-buahan kemudian mereka jual Ke Yaman.Dijelaskan didalam Syaamil Al-qur'an, perdagangan ini menjadi kebiasaan Bani Quraisy yang telah menjadi tradisi secara turun temurun sehingga menjadikan perdagangan sebagai pekerjaan utama mereka.

Suku Quraisy ini memang sangat dikenal dengan perdagangannya, sehingga ketika mereka ingin menyebarkan ajaran Islam, mereka lakukan pendekatan kepada masyarakat melalui berdagang.

Sedangkan untuk suku Quraisy yang memiliki modal yang sedikit, mereka hanya beternak (domba, unta, kuda) dan bertani.

2. Terlahirnya banyak imam

Rosulullah SAW bersabda, 'Para pemimpin (Imam) itu dari Quraisy. Jika mereka memerintah, mereka adil. Jika berjanji, mereka memenuhinya, dan jika mereka diminta belas kasihan, mereka akan berbelas kasih. Siapa saja di antara mereka yang tidak berbuat demikian, maka dia akan mendapatkkan laknat Allah, laknat para malaikat, dan laknat seluruh manusia. Tidak dapat diterima taubat dari mereka dan tidak diterima pula tebusan (azab) dari mereka'.'' (HR Bukhari dalam Al-Anbiya', Abu Daud, dan Imam Ahmad).

Rosulullah SAW juga bersabda yang diriwayatkan oleh Ibnu Syihab, ''Persilakan Quraisy tampil ke depan (untuk memimpin) dan janganlah kalian mendahuluinya ke depan.

Belajarlah dari Quraisy dan jangan mengajari mereka.'' ''Kalian adalah manusia yang paling layak memegang urusan (pemerintahan) ini selama kalian berada dalam kebenaran. Apabila kalian menyimpang dari kebenaran, maka kalian akan dikupas habis sebagaimana kulit kayu dikupas.'' (Sunan Al-Baihaqi Juz 9 hlmn 144, diriwayatkan dari Atha' bin Yasar).

Sumber: Khazanah 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Allah Memuliahkan Kaum Quraisy, Inilah Alasannya.

0 komentar:

Post a Comment