Thursday 14 January 2016

Dapatkan 3 Hikmah Ini Dengan Sholat Dhuha



Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA,''Kekasihku (Rasulullah SAW) mewasiatkan kepada tiga hal, pertama supaya berpuasa tiga hari setiap bulan, kedua supaya shalat dhuha dua rakaat, dan ketiga supaya shalat witir sebelum tidur.'' (HR Bukhari Muslim).


Menurut hadist diatas sholat dhuha merupakan salah satu dari tiga wasiat Nabi yang telah dianjurkan. Pelaksanaan sholat dhuha ini dikerjakan di pagi hari ketika matahari mulai terbit. Sebagaimana yang diriwayatkan Rosululloh SAW,

''Shalat dhuha dilakukan apabila anak-anak unta telah merasakan kepanasan (karena tersengat matahari).'' (HR Muslim).

Ibnul Qayyim al-Jauzi mengatakan bahwa sholat dhuha jumlahnya tidak ada batas maksimalnya, ini tergantung pada kemampuan dan kesempatan yang dimiliki oleh seorang muslim. Seperti yang telah dikatakan oleh Aisyah, ''Biasanya Rasulullah melakukan shalat dhuha empat rakaat dan beliau menambah.'' (HR Muslim).
(Baca: Anjuran NabiMengenai Istirahat Dengan Sholat)

Sholat dhuha adalah suatu bentuk rasa syukur yang tak terhitung atas rahmat serta nikmat yang diberikan oleh Allah SWT di setiap harinya. Sholat dhuha juga sebagai permintaan supaya diberikan ridha ketika menjalani apa yang ingin kita kehendaki.

Untuk menjalankan sholat dhuha memang tidaklah mudah karena diwaktu-waktu yang telah ditentukan untuk melaksanakan sholat dhuha merupakan waktu ketika kita disibukkan dengan aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari pegawai kantoran sampai yang hanya berada dirumah pun kadangmerasa sulit untuk melaksanakan sholat dhuha. 

Untuk itu sebaiknya sesempit apa  pun waktu kita karena banyaknya kegiatan, cobalah untuk meluangkan waktu sedikit saja guna menunaikan sholat dhuha. Ketika sudah terbiasa sholat dhuha, insyaallah seterusnya kita juga akan terus mengamalkannya.

Allah pun berjanji kepada kaum muslimin yang telah mengamalkan sholat dhuha. Janji tersebut adalah sebagai berikut.

1.      Dijauhkan dari Api Neraka

Kaum muslimin yang telah mengamalkan sholat dhuha ini telah dijanjikan Allah SWT bahwa mereka akan dijauhkan dari siksa api neraka dan Allah tentun akan menggantinya dengan surga. Ini sesuai dengan hadist,

''Di dalam surga terdapat pintu yang bernama bab ad-dhuha (pintu dhuha) dan pada hari kiamat nanti ada orang memanggil. Di mana orang yang senantiasa mengerjakan shalat dhuha? Ini pintu kamu, masuklah dengan kasih sayang Allah.'' (HR Tabrani).

2.      Rasa Syukur terhadap 360 Persendian

Nabi Muhammad SAW berkata bahwa bahwa di tubuh manusia bersemayam 360 sendi yang setiap harinya harus disedekahkan. Ini sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah di berikan-Nya terhadap kesehatan disetiap persendian tubuh kita.

3.      Dicukupkan Semua Kebutuhan

Terkadang shalat dhuha juga digunakan sebagai sebuah pengharapan supaya Allah SWT melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita, baik secara fisik maupun materi, selama kita masih hidup.

''Allah SWT berfirman, Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas melakukan shalat empat rakaat pada pagi hari, yakni shalat Dhuha, niscaya nanti akan Kucukupi kebutuhanmu hingga sore hari.'' (HR Hakim dan Tabrani).

Sumber: Khazanah 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dapatkan 3 Hikmah Ini Dengan Sholat Dhuha

0 komentar:

Post a Comment