Sunday 17 January 2016

Inilah Bukti Jika Allah Cinta Kita






Terdapat dua cinta yang tak ada yang bisa menandinginya, pertama adalah cinta Allah kepada hamba-Nya dan yang kedu adalah cinta ibu terhadap anaknya. Akan tetapi, terdapat perbedaan nilai antara keduanya. Cinta yang dimiliki Allah tidak terbatas diberikan untuk umatnya, karena hal ini tidak ada yang bisa menandingi rasa cinta Allah kepada umat-Nya.  Allah SWT berfirman, ''Rahmat (kasih sayang)-Ku meliputi segala sesuatu.'' (QS Al-A'raf [7]: 156).

Untuk itu, terdapat lima bukti jika Allah SWT senantiasa mencintai hamba-hamba Nya.

1.      Diturunkannya Al Qur'an

Pertama adalah diturunkannya Alquran. Allah SWT Dia menurunkan Alquran sebagai penuntun hidup, agar kita dapat meraih bahagia di dunia dan akhirat. Sehingga kita tidak merasa bingung dalam menjalani hidup. Allah berfirman, ''Kitab ini tidak ada keraguan padanya; (merupakan) petunjuk bagi mereka yang bertakwa.'' (QS Al Baqarah: 2). Kemudian terdapat firman lain, ''Sebenarnya Alquran itu adalah kebenaran (yang datang) dari Tuhanmu, agar kamu memberi peringatan kepada kaum yang belum datang kepada mereka orang yang memberi peringatan sebelum kamu; agar mereka mendapat petunjuk.'' (QS As-Sajdah: 3).

Dijelaskan pula oleh Dr Quraish Shihab jika terdapat tiga petunjuk penting yang diberikan Alquran. Pertama adalah petunjuk akidah yang tersimpul dalam keimanan akan keesaan Allah dan kepercayaan akan kepastian hari pembalasan. Kedua adalah petunjuk mengenai akhlak yang murni dengan jalan menerangkan norma-norma keagamaan dan moral, baik yang menyangkut kehidupan pribadi maupun sosial. Ketiga adalah petunjuk mengenai syariat dan hukum, yaitu dengan jalan menerangkan dasar-dasar hukum dalam hubungannya dengan Allah dan sesama manusia.

Dalam QS Al An'am [6] ayat 48, Allah SWT berfirman, ''Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberi kabar gembira dan memberi peringatan. Barang siapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.'' Tujuan pengutusan terhadap Rosul ini pula yang bisa menjadikan umat Islam memiliki teladan yang baik. Membimbing agar umat Islam tidak mengalami kesesatan yang akan menyebabkan mereka rugi. Allah berfirman, Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah (QS Al Ahzab: 21).

Sedangkan bagi kita yang hidup dizaman sekarang yang mana sudah tidak adanya Rosulullah maka kita bisa membuka warisannya, yakni hadist dan sunnah. Karena Rosululloh telah menjelaskan rincian semua ajaran Allah didalam hadist dan Sunnah. Penggambaran tentang Roulullah sebagai suri tauladan yang baik pun telah dijelaskan didalamnya.

3.      Diciptakannya alam semesta
Segala sesuatu yang telah diciptakan oleh Allah SWT memiliki tujuan yang baik bagi umatnya, tak terkecuali alam semesta. Segala yang ada di bumi dan langit telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan makhluknya. Difirmankan, “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu, kemudian Dia menuju langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu (QS Al Baqarah: 29).

Segala sesuatu yang ada didalam dan permukaan bumi dapat diambil manfaatnya oleh manusia karena didunia ini tidak ada satu pun makhluk yang tidak bermanfaat. Sebagai contoh nyamuk, sifat nyamuk yang mengganggu manusia memiliki dampat untuk memunculkan kreativitas, contohnya yakni menciptakan obat nyamuk, raket listrik, dan lain-lain. Allah pun juga telah mengatur mengenai hukum-hukumnya.

4.      Luasnya ampunan Allah
Allah akan selalu mengampuni  dosa hamba-hambanya selama mereka benar-benar bertaubat dan berjanji jika tidak mengulainya lagi. Ini sesuai dengan janji Allah dalam Al Qur’an, ''Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu danbertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya.'' (QS Hud: 3)

Kemudian Rasulullah SAW bersabda, "Allah membentangkan tangan-Nya di malamhari agar orang yang berbuat keburukan di siang hari bertobat, dan membentangkan tangan-Nya di siang hari agar orang yang berbuat keburukan di malam hari bertobat. (Ini akan terus berlaku) hingga matahari terbit dari arah Barat (HR Muslim).
Dalam sebuah hadist qudsi dijelaskan pula bahwa Allah akan mengampuni semua dosa, sekalipun dosanya sepenuh isi bumi,"Wahai manusia, sekiranya kamu datangkepada-Ku dengan membawa dosa seisi bumi kemudian kamu bertemu Aku dengan dalam kedaan tidak menyekutukan Aku dengan sesuatu apa pun, niscaya Aku datang kepadamu dengan membawa ampunan seisi bumi pula," (Imam Tirmidzi).

5.      Memberikan rezeki

Dan yang terakhir bukti rasa cinta Allah adalah dengan memberi rezeki pada umatnya . Allah akan selalu memberikan rezeki pada setiap makhluk-Nya agar mereka dapat hidup dan beribadah kepada-Nya. Allah telah berfirman, Katakanlah, 'Sesungguhnya Tuhanku melapangkanrezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)'. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allahakan menggantinya dan Dia-lah sebaik-baik pemberi rezeki.'' (QS Saba [34]: 39).

Allah akan selalu senantiasa memberikan rezeki untu hambanya juga makhluk ciptaan Allah yang lain. ''Dantidak ada suatu binatang melata pun dibumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfudz).'' (QS Hud [11]:6)
Sebaiknya kita selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan Allah SWT kepada kita. Meskipun itu hanya sedikit namun kita wajib mensyukurinya dan selalu berikhtiar untuk menjemput rezeki tersebut. Dan janganlah kita menyekutukan Allah dengan meminta meminta bantuan untuk mendapatkan rezeki kepada yang lainnya.

Sumber: Republika 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Bukti Jika Allah Cinta Kita

0 komentar:

Post a Comment