Wednesday 20 January 2016

Inilah Salah Satu Penyebab Ahli Ibadah Masuk Neraka






Ada sebuah kisah yang mana ini merujuk pada hadist riwayat Imam Ahmad, pada suatu hari berkunjunglah sekumpulan umat untuk menemui Nabi Muhammad SAW. Mereka menanyakan tentang kepribadian dua wanita yang sangat berkebalikan.

Sekelompok orang tersebut mengatakan kepada Rosulullah, "Wahai Nabi Muhammad, terdapat wanita yang terkenal karena dia sudah menunaikan ibadah shalat, puasa, dan zakat dengan sempurna. Akan tetapi, wanita itu sering melukai hati dan perasaan tetangganya."Rasulullah SAW menjawab: "Nerakalah tempat wanita itu."

Setelah itu mereka bercerita mengenai wanita yang malahan terkenal karena dia tidak menunaikan ibadah shalat, puasa, dan zakat dengan sempurna, sedangkan dia tidak pernah melukai hati dan perasaan tetangganya. Rasulullah SAW pun berkata: "Surgalah tempat wanita itu."

Janganlah salah memahami tentang isi dari hadist diatas. Maksud dari hadist diatas bukanlah untuk mengajak agar umat Islam mengurangi ibadah mereka seperti sholat, puasa dan zakat dan bukan juga untuk menyerukan agar lebih mengedepankan ibadah-ibadah sosial. Akan tetapi lebih menekankah bahwa keduanya harus sama-sama seimbang, antara ibadah sosial dan juga ibadah ritual.

Kita tidak harus  menganak emaskan ibadah sosial dan menganak tirikan ibadah ritual. Isi Hadist di atas sesungguhnya merupakan penekanan bahwa antara ibadah sosial dan ibadah ritual tidak ada batas pemisahnya. Bisa dikatakan jika ibadah sosial sebagai akhlak kita sedangkan ibadah ritual sebagai ketakwaan Baik ibadah sosial dan ritual harus seimbang dalam kegiatan kita sebagai umat Islam.

Jika kita salah melakukan pemahaman, baik itu mengedepankan ibadah sosial  maupun ritual ini akan menyebabkan munculnya dua macam sekumpulan orang yang berbeda. Kelompok yang pertama merupakan kelompok manusia yang mahir menunaikan ibadah ritual namun memiliki akhlak yang buruk. Mereka melaksanakan shalat, puasa, zakat, dan haji dengan sempurna tapi mereka juga terbiasa dalam melakukan tindakan penyelewengan, korupsi, memanipulasi, dan lain sebagainya. Kelompok yang kedua merupakan kelompok manusia yang memiliki akhlak mulia namun mereka tidak sempurnah dalam melaksanakan ibadah ritual.

Sumber: Republika 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah Salah Satu Penyebab Ahli Ibadah Masuk Neraka

0 komentar:

Post a Comment