Thursday 21 January 2016

Subhanallah..Islamic Center Ini Berada Di Tengah Hutan




Tabalong, ya tempat Islamic Center ini berada di daerah tersebut. Kebanyakan orang mungkin masih asing jika mendengar nama daerah ini. Tabalong merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang letaknya di tengah hutan. Dilokasih tersebut terdapat sebuah komplek Islamic Center yang memiliki corak bangunan yang moderen.
Bangunan ini didirikan oleh perusahaan Adaro (perusahaan batu-bara) pada tahun 2012. Pemimpin perusahaan ini bernama Garibaldi Thohir, beliaulah yang mempunyai ide untuk mendirikan bangunan semegah ini.

Ide untuk membangun bangunan itu bisa jadi karena banyaknya umat Islam disana dan juga pembangunannya yang dekat dengan lokasi tambang atau malah beliau ingin memunculkan kembali kejayaan Islam di Kalimantan. Karena pada masa lampau kerajaan Islam terbesar yakni Kutai Kartanegara berada di Kalimantan, tepatnya Timur Kalimantan yang tidak terlalu dekat dengan daerah Tabalong, perbatasan antara Kalimantan Timur dengan Kalimantan Selatan.
Bangunan ini memiliki luas sekitar 2.300 m2 terdiri dari beberapa bangunan besar selain mesjid.Terlihat dari gaya arsitektunya, bangunan ini terlihat sangat megah dan mewah. Kubah masjid terbalik seakan seperti dua tangan kita yang sedang berdoa atau meminta kepada Allah SWT. Dinding-dinding bangunannya dihiasi dengan tulisan kaligrafi. Gaya arsitektur bercorak geometris menjadi khas dari bangunan tersebut.
Pak Garibaldi Thohir mengatakan bahwa perusahaan kami (Adaro) sadar jika estetika menjadi poin utama untuk tempat ibadah, contohnya Tabalong Islamic Center. Allah SWT sudah seharusnya menjadi yang kita utamakan
Terdapat pula bangunan yang disebut Paza Manasik yng memiliki pola sepertti lapangan yang membentuk lingkaran, memiliki corak lingkaran geometris yang menandakan bahwa ini ciri dari karya seni rupa milik Islam.

Subhanallah..Sungguh megah nan indah bangunan tersebut. Semoga tempat ini selalu menjadi tempat ibadah yang nyaman untuk umat Islam, dan tidak hanya megah bangunannya saja, melainkan juga semakin banyaknya orang yang beribadah disitu. Sehingga tempat menjadi ramai akan orang beribadah. Dan menjadikan contoh bangunan yang menginspirasi yang lainnya untuk membangun tempat yang seperti ini.

Sumber: Tribuns trevel

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Subhanallah..Islamic Center Ini Berada Di Tengah Hutan

0 komentar:

Post a Comment